Satu Honda CBR1000RR SP Bisa Dapat 4 Mobil Daihatsu Ayla


Berita Terkini - Daihatsu Ayla yang menyeruduk motor sport Honda CBR1000RR SP di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah mencuri perhatian publik. Penasaran berapa harga dari kedua kendaraan ini?

Daihatsu Ayla merupakan mobil low cost green car (LCGC) yang jadi backbone penjualan pabrikan mobil asal Jepang tersebut. Mobil dengan kapasitas 5 penumpang ini punya banderol yang kompetitif di antara Honda Brio Satya, Toyota Agya, dan Karimun Wagon.

Pun Daihatsu menyiapkan varian yang lebih banyak ketimbang saudara kandungnya Toyota Agya. Saat ini Daihatsu Ayla punya 12 varian, banderolan paling murahnya dijual Rp 102.150.000, sedangkan tipe termahal dijual Rp 159.900.000.

Sedangkan Honda CBR1000RR SP generasi yang digunakan saat terlibat kecelakaan diduga generasi ke-11. Dalam laman Honda Cengkareng, motor CBR1000RR SP itu dijual seharga Rp 699 juta, atau setara 4 mobil Daihatsu Ayla tipe tertinggi.

Punya suara yang gahar, Honda CBR1000RR SP mengusung mesin Liquid-Cooled, 4-Stroke, 16-Valve, DOHC Inline 4-Cylinder berkapasitas 999.8 cc. Mesin ini pun mengadopsi sistem pengabutan PGM-DSFI (Programmed Dual Stage Fuel Injection).

Mesin bore x stroke 76 mm x 55.1 mm, ini langsung dikawinkan dengan transmission 6-percepatan. Mesin ini memiliki kompresi rasio 12.3:1, bersama dengan Clutch Type, Wet Multiplate with Diaphragm Spring.

Dengan bekal di atas, Honda CBR1000RR SP bisa memuntahkan tenaga maksimal 133 kW/12,250 rpm, maximum torsi 114 Nm/10,500 rpm. Semuanya akan bekerja dengan starter type electric starter.

Kasatlantas Polresta Banyumas, AKP Ryke Rhimadila mengatakan kejadian tersebut terjadi di Jalan HR Bunyamin, Purwokerto Utara, Selasa (17/11).

Selain melakukan penyelidikan, polisi juga mengecek kerusakan kedua kendaraan tersebut. Namun secara fisik, kata Ryke, kedua kendaraan mengalami rusak ringan.

"Untuk kondisi ranmor (kendaraan bermotor), sampai saat ini masih kami cek," ujarnya.

"Untuk mesin masih dalam pengecekan," jelasnya.

Pihak kepolisian mengupayakan mediasi antara pengemudi Ayla dan pengendara CBR1000RR SP tersebut. Meski begitu, penyelidikan kasus ini masih berlangsung.

"Mediasi tetap kita upayakan, sejalan dengan penyelidikan yang sedang ditangani oleh Unit Laka Satlantas Polresta Banyumas," ucapnya.

Sementara itu, sebuah video yang diposting akun Instagram @dimas_prasetyahani beredar viral. Dalam video itu dia menjelaskan dirinya merupakan pengendara motor CBR1000RR SP dalam foto yang viral.

Dia juga menyampaikan pengemudi Ayla menubruknya dengan sengaja. Dalam video itu, dia juga mengaku telah melapor ke polisi dan sempat dilakukan mediasi dengan pihak pengemudi mobil Ayla.

Bahkan dalam mediasi tersebut, keluarga besar pengendara mobil sudah meminta maaf dan akan berusaha mengganti kerugian yang ada dengan menyerahkan satu unit mobil dan satu unit rumah.

No comments

Powered by Blogger.
------------------------------