Logika Aneh FPI, Rizieq Pakai Kata Kasar Supaya Mudah Dipahami Orang?

Berita Terkini - Bagaimana style bicara Rizieq? Mayoritas pasti akan menjawab kasar, provokatif, mengerikan, tidak mendidik, kontroversial, penuh hujatan dan hasutan.

Sekretaris Umum DPP FPI, Munarman mengungkap alasan ceramah Rizieq kerap menggunakan kata-kata kasar dan intonasi yang tinggi. Dia menjelaskan tablig akbar yang dihadiri oleh Rizieq Shihab selalu dihadiri banyak jemaah.

Karena itulah, Rizieq butuh intonasi tinggi dan pemilihan diksi yang cenderung pedas untuk membuat jemaah bisa memahami konten yang disampaikan Rizieq. "Ketika di panggung, audiens yang hadir di depan Habib Rizieq itu spektrumnya luas. Jadi saya melihatnya gaya ceramah dan kritik seperti itu supaya gampang dipahami oleh audiens," kata Munarman.

Sebelum memulai berceramah, Rizieq selalu mempelajari audiens atau pendengarnya terlebih dahulu yang akan menjadi target ceramahnya. Rizieq tak selalu menyampaikan materi dengan kata-kata kasar, ia juga tak jarang memberikan materi ceramah dengan pembawaan yang lebih tenang dan lembut. "Anda bisa bandingkan ketika Habib Rizieq ceramah di Makkah, bandingkan dengan ceramah Habib Rizieq di Indonesia, itu berbeda," kata Munarman.

Pause dulu.

Ceramah Rizieq di Arab Saudi beda dengan ceramah di Indonesia? Kesimpulan yang bisa ditarik adalah mungkin saat Riziek ceramah di sana, dia merasa was-was, dan ceramah di sini terlihat garangnya. Maklum, di Arab Saudi, Rizieq tidak punya nyali untuk bikin ulah. Dipanggil polisi saja mungkin sudah bikin dia gentar dan gemetar.

Munarman mengakui, masyarakat yang belum terbiasa dengan gaya ceramah Rizieq akan kaget saat mendengarnya. Orang-orang yang mengikuti Rizieq di setiap panggungnya maka akan menganggap gaya ceramah Rizieq merupakan hal biasa.

Ini adalah pembelaan yang sangat konyol. Munarman, sang fenomenal karena pernah menggunakan jurus siram air teh. Kasar ya kasar aja, tak usah bela seolah itu adalah hal yang dibenarkam dan harus dimaklumi.

Mari kita perjelas lagi.

Apakah pembaca bisa hitung berapa banyak kata kasar, hinaan, hujatan dan cacian yang sudah keluar dari mulut Rizieq? Tidak terhitung, bukan?

Yang terbaru, Rizieq bicara soal penggal kepala. Banyak orang telah dihina oleh Rizieq. Kata-katanya sangat kasar seolah tidak ada kosa kata yang lebih baik lagi. Apakah itu bisa dijadikan sebagai alasan supaya orang lain lebih paham?

Tidak masuk akal.

Bagaimana dengan ceramah soal lonte?

"Ada lonte hina habib. Pusing, pusing. Sampai lonte ikutan ngomong, iyee...," kata Rizieq.

"Saya nggak marah. Cuma ada umat yang marah, ngancem mau ngepung lonte. Eh polisi kalang kabut jagain lonte. Kacau, kacau," kata dia.

Acaranya apa, ceramahnya kok soal lonte?

Bahasanya kasar gak? Kasar dong, apalagi Rizieq dianggap ulama bahkan imam besar oleh para pendukungnya. Jadi, menurut logika Munarman, Rizieq pakai kata kasar supaya orang bisa memahami? Jadi apakah mereka harus dengerin kata kasar itu baru bisa paham?

Bagaimana dengan hinaan kepada orang lain? Dari presiden hingga ulama juga pernah disindir. Apakah itu diharuskam agar pendengarnya lebih paham maksudnya? Kalau bener begitu berarti kasihan banget mereka, dianggap terlalu bodoh sehingga harus pakai kata kasar agar bisa paham. Pantesan saja publik terlanjur menganggap kelompok ini tidak ada bedanya dengan kelompok ugal-ugalan.

Atau dengan kata lain, FPI sadar atau mungkin menganggap kalau mereka adalah orang-orang yang punya wawasan dan moral yang rendah sehingga harus dijejali dengan kata-kata mengerikan dan tidak mendidik. Jadi kosa kata Bahasa Indonesia yang baik dan benar selama ini susah dipahami oleh mereka? Apakah itu artinya mereka bodoh? Atau mungkin hanya paham dengan bahasa yang begituan? Atau mungkin pakai pakai kata kasar supaya terdengar enak dan menarik banyak orang datang untuk mendengar?

Tapi apa pun itu, ini adalah satu dari sekian juta alasan basi untuk membela diri dan menjaga Rizieq dari kehancuran wibawanya. Mereka ini, kalau nggak ngibul pasti ngeles dengan berbagai cara yang kadang tidak terpikirkan oleh kita.

Kalau Rizieq bicara kasar, seolah harus dimengerti maksudnya. Tapi kalau orang lain yang bicara kasar atau mereka dikasarin, mereka bakal ngamuk-ngamuk seperti orang darah tinggi.

No comments

Powered by Blogger.
------------------------------