Dibandingkan Jokowi, Anies Dinilai Novel Bamukmin Jauh Lebih Gentleman


Berita Terkini -  Anies Baswedan mendapatkan simpati dari sejumlah kalangan usai menemui dan berdialog dengan demonstran penolak Undang-Undang Cipta Kerja di Bundaran Hotel Indonesia, Kamis (8/10/2020), malam.

Bahkan ada suara-suara yang menilai gubernur Jakarta itu punya peluang besar maju ke pemilu presiden 2024 karena memiliki kompetensi menjadi kepala negara.

Wakil Sekretaris Jenderal Persaudaraan Alumni 212 Novel Bamukmin menandingkan keberanian Anies menemui langsung demonstran dengan Presiden Joko Widodo yang pada hari itu ke Kalimantan Tengah untuk melakukan kunjungan kerja. 

"Kalau dilihat saat ini dimana Anies punya sikap sangatlah gentleman mau bersama para pendemo, sementara Jokowi diduga kabur tidak mau menemui pendemonya, padahal boleh dikatakan biang kerok omnibus law diduga adalah Jokowi dan stempel dari para oknum anggota DPR, dengan begitu pantaslah secara spontan para pendemo, selain buruh juga mahasiswa dan pelajar serta warga Jakarta, meneriaki Anies sebagai "Anies for President," kata Novel kepada Suara.com, Sabtu (10/10/2020).

Menurut pendapat Novel, ungkapan Anies for President merupakan ungkapan dari orang yang merasa aspirasinya didengarkan pemimpin.

"Itu jelas hati nurani rakyat, mereka merasa sudah terayomi dan aspirasi langsung didengar oleh Anies Baswedan," kata wakil ketua Majelis Mudzakarah Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia DKI Jakarta.

Menurut penilaian Novel sejak menjadi gubernur Jakarta, Anies telah menjadi lambang perlawanan terhadap cukong.

"Luar biasa simpati saat ini karena Anies bisa menjadi pengobat kerinduan akan pemimpin yang membela rakyatnya, bukan membela para cukong karena Anies menjadi gubernur memang sudah menjadi lambang perlawanan kepada para cukong dan Anies juga lambang kecintaan kepada ulama," kata dia.

Itulah sebabnya, Novel menyebut Anies menjadi sasaran tembak penguasa dan para buzzeRp serta influencer.

Peristiwa ketika Anies menjumpai demonstran pada malam itu menuai pujian di tengah trending topik #GakPercayaJokowi di Twitter zona Indonesia.

Pujian terhadap Anies, antara lain disampaikan oleh aktivis dakwah Hilmi Firdausi, Jumat (9/10/2020). Dia mengatakan itulah, "pemimpin sesungguhnya..."

Hilmi mengunggah tautan video ke timeline Twitter. Video itu berisi peristiwa ketika Anies berdialog dengan demonstran dan diberi judul: bikin merinding, begini cara Anies tenangkan pendemo.

Banyak netizen yang kemudian ikut memberikan pujian kepada Anies setelah peristiwa itu diberitakan media-media nasional.

Dalam laporan jurnalis Suara.com ketika itu, Anies bertemu pengunjuk rasa untuk menenangkan sekaligus mengajak mereka menyuarakan keadilan dengan cara yang tertib.

"Teman-teman sekalian ingatlah bahwa yang namanya menegakkan keadilan, kewajiban kita semua dan termasuk Anda semua yang sedikit banyak sedang menegakkan keadilan. Jadi tolong jalankan dengan tertib, siap tertib? Siap sampai rumah tertib?," kata Anies bertanya pada demonstran yang dijawab serentak oleh massa.

"Ingat bahwa kita kata-katanya bisa dijaga," Anies menambahkan.

Anies mengatakan setiap warga negara memiliki hak untuk menyampaikan pendapatnya dan setiap warga negara bisa menyampaikan pendapatnya

Anies juga mengatakan bahwa hak untuk menyampaikan aspirasi di Jakarta dan daerah lainnya di Indonesia tidak hilang karena Indonesia memang negeri merdeka, karenanya apa yang akan jadi aspirasi harus disampaikan secara tertib.

"Apalagi, sekarang ini sedang ada wabah COVID-19, ini kita semua berisiko, saya tidak ingin ada yang sakit, karenanya yang merasa dirinya pejuang, tolong pulang ke rumah tidak ada yang sakit. Besok kita teruskan, betul-betul akan teruskan," kata Anies dalam laporan Antara.

Kesempatan bertemu dengan mahasiswa, semalam, juga dimanfaatkan Anies untuk mengimbau mereka pulang ke rumah masing-masing sambil tetap ikuti perkembangan.

"Karena itu adalah perjuangan kita semua. Sebagian dari Anda sudah kembali. Sekarang kita tunjukkan bahwa kita warga negara yang bertanggung jawab. Mari kita semua berdiri nyanyi Padamu Negeri," kata Anies.

No comments

Powered by Blogger.
------------------------------