Viral Video Kakek Tepergok Curi Singkong, Reaksi Pemilik Kebun Malah Begini


Berita Terkini - Seorang lelaki tua yang mengaku berasal dari Solo, Jawa Tengah tepergok mencuri singkong di sebuah kebun. Pemilik kebun memergokinya persis ketika ia tengah bersiap-siap mencangkul tanah. Videonya viral di media sosial.

Kakek yang hendak mencuri itu tak menyadari jika diam-diam, pemilik kebun mengetahui aksinya dan merekamnya menggunakan kamera telepon seluler. Ia kemudian diberondong sederet pertanyaan oleh pemilik kebun yang diduga bernama Ujang.

"Kang, lagi ngapain kang?" tanya pemilik kebun.

"Ambil singkong pak," balas lelaki yang bersiap mencuri.

"Untuk apa?"

"Untuk makan, pak," jawabnya.

Wajah pria itu langsung berubah ketakutan. Namun ternyata, di luar dugaan, reaksi pemilik kebun justru membuatnya terperanjat.

Sang pemilik kebun rupanya tak berniat menangkapnya atau melaporkannya ke pihak berwajib seperti yang sudah-sudah. Mereka justru terlibat percakapan yang membuat warganet segan.


"Ya sudah enggak apa-apa kalau untuk makan. Ini kebun saya. Tapi lain kali kalau di kebun orang, harus bilang ya. Kalau enggak bilang kamu bisa digebukin orang," kata pemilik kebun.

Pria tersebut justru mengizinkan isi kebunnya diambil asalkan orang yang bersangkutan minta izin terlebih dahulu. Ia menyebut kebunnya sebagai kebun Allah milik bersama.

"Kebun saya ini kebun Allah, kebun milik bersama, siapa saja boleh ambil. Yang penting untuk dimakan, termasuk kolam ikan ini kalau mau diambil silahkan tapi secukupnya saja untuk makan. Ini ada pisang, ada kelapa, ambil aja," tukasnya.

Tak hanya itu, di akhir video, sang pemilik kebun juga memberi uang sebesar Rp 600 ribu kepada lelaki yang hendak mencuri di kebunnya.

"Ini dihitung dulu, berapa itu. Ini buat bantu siapa tahu tetangga bapak ada yang enggak bisa makan juga. Nanti Insya Allah kalau ketemu saya, saya bantu lagi," ujarnya.

Peristiwa tersebut sontak membuat warganet merasa salut. Mereka memuji tindakan pemilik kebun yang justru membantu pria yang berniat mencuri isi kebunnya.

"Kayak begini enak kan? Enggak harus ke hukum segala. Ayolah saling bantu sesama," tulis @novietifanymarbun.

"Semoga kebaikan pemilik kebun dibalas dengan rezeki yang berlimpah," kata @munawarul_habibi.

"Ya ampun pemilik kebun hati sama otaknya bener-bener lapang banget. Ngerti banget kalau ini bapak-bapak emang membutuhkan. Kalau yang enggak ada otaknya pasti udah teriak-teriak bilang maling, digebuki deh," tulis @nadyasabillaaaa.

No comments

Powered by Blogger.
------------------------------