Viral Pengakuan Indira Kalistha, Ini Penjelasan Ilmiah Mengenai Introvert


Berita Terkini - Kepribadian introvert belakangan sedang menjadi topik panas usai beauty vlogger, Indira Kalistha mengaku sebagai seorang introvert. Dianggap salah pengertian, begini penjelasan ilmiah mengenai introvert.

Pengakuan ini disampaikan oleh Indira Kalistha saat tampil bersama suaminya, Aa Utap dalam video YouTube unggahan Deddy Corbuzier. Dalam video tersebut, Indira Kalistha menyampaikan permintaan maaf karena telah salah berucap.

Sebelumnya, Indira Kalistha mendapat hujatan keras dari netizen usai menyepelehkan pandemi virus corona. Dalam video kolaborasinya dengan Gritte Agatha, Indira Kalistha mengaku tidak pernah cuci tangan dan pakai masker padahal hal tersebut dianjurkan.

Menerima hujatan keras dari netizen, Indira Kalistha lalu tampil dalam video permintaan maaf yang ditayangkan di channel YouTube Deddy Corbuzier bersama Aa Utap.

Sambil menangis, Indira Kalistha menyampaikan permintaan maaf. Dirinya lalu mengaku sebagai seorang introvert. Lebih lanjut, YouTuber ini mengaku jarang berpikir sebelum berujar.

"Karena aku sebenarnya introvert. Pas diajak kolab yang serius-serius, ngobrol-ngobrol serius aku sebenarnya sudah ragu mau ambil apa enggak. Aku tahu kalau ngomong, kadang ngomong dulu baru mikir," ucap Indira Kalistha mengaku.

Banyak yang lalu menyangsikan pengakuan Indira Kalistha ini. Beberapa netizen menyebut bahwa Indira Kalistha justru nampak ekstrovert jika dibandingkan dengan seorang introvert.

Mengutip Introvertdear.com, introvert dan ekstrovert adalah dua hal yang berbeda. Ekstrovert pada dasarnya membutuhkan banyak stimulasi kesenangan. Sedangkan introvert hanya membutuhkan stimulasi minimal untuk bisa puas.

Hans Eysenck dalam penelitiannya mengenai introvert dan ekstrovert menjelaskan bahwa otak kedua sifat ini bekerja dengan cara yang berbeda. Perbedaan mendasar dari kedua kepribadian ini ada pada bagaimana otak bekerja.

Otak seorang introvert memiliki prefrontal cortical yang lebih tebal jika dibandingkan dengan individu ekstrovert. Bagaimana otak keduanya bekerja ini menunjukan bahwa introvert tidak se-implusif ekstrovert dalam bertindak.

Dalam pengertian ini, Hans Eysenck menekankan bahwa seorang yang introvert cenderung memikirkan banyak hal dengan matang sebelum kemudian melakukan sesuatu.

Kebalikannya dari introvert, sedangkan seorang ekstrovert cenderung sangat impulsif yang melakukan hal-hal sesuai yang ia kehendaki.

Berdasarkan penjelasan ilmiah introvert ini yang lalu membuat netizen semakin mempermasalahkan pengertian introvert sebenarnya menurut Indira Kalistha yang ia sampaikan sebelumnya.

No comments

Powered by Blogger.
------------------------------