Ini Kondisi Terkini 2 Pasien Virus Corona di Ruang Isolasi RSPI


Berita Terkini - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, dua warga negara Indonesia yang dinyatakan posifif terjangkit virus corona alias Covid-19, kekinian sudah dirawat dalam ruang isolasi.

Dua pasien yang terdiri dari seorang ibu berusia 64 tahun dan putrinya yang berusia 31 tahun kekinian berada di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof dr Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara.

Terawan mengungkapkan, ruang isolasi milik RSPI Prof dr Sulianti Saroso sudah memenuhi standar. Sebab, rumah sakit ini merupakan tempat rujukan bagi pasien yang terjangkit penyakit infeksi.

"Dia (dua pasien) ada di ruang isolasi,  terpisah sendiri gedungnya, di ruang isolasi RSPI, yang sudah memenuhi standar,  wong ini rumah sakit rujukan nasional untuk penyakit infeksi," kata Terawan di RSIP Prof dr Sulianti Saroso, Senin (2/3/2020).

Meski diklaim dalam kondisi baik, kedua pasien masih mengeluh sesekali batuk. Diketahui, pasien mulai masuk ke RSIP Prof dr Sulianti Saroso pada Minggu (1/3/2020).

"Dirawat di sini tanggal 1 Maret, kami langsung melalukan cek. Hasilnya tadi pagi, saya diberitahu maka tracking sudah jalan, sehingga si pasien cewek ini bersama ibunya (64 tahun) dua-duanya dicek. Saat ini kondisinya baik, batuk sekali-kali," sambungnya.

Terawan menyebut, kedua pasien bisa saja dipulangkan. Hanya, ibu dan anak itu tetap dirawat untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

"Sebenarnya kalau mau dipulangkan ya bisa. Tapi kan saya mesti cek lagi, kami swipe ulang," papar Terawan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memberikan pernyataan mengejutkan. Jokowi menyebut ada dua WNI yang positif terjangkit virus Corona atau COVID-19 di Indonesia.

Jokowi menuturkan keduanya adalah seorang ibu dan putrinya yang kini dirawat di sebuah rumah sakit.

"Seorang ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun. Kami cek pada posisi yang sakit. Dicek dan tadi pagi saya mendapatkan laporan dari Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/2/2020).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan dua orang tersebut terjangkit virus corona dari WNA asal Jepang yang sedang berkunjung ke Indonesia.

No comments

Powered by Blogger.
------------------------------