Jokowi Perintahkan Segera Evakuasi WNI di Wuhan


Berita Terkini - Presiden Joko Widodo telah meminta jajarannya segera mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Wuhan, Provinsi Hubei, China.


Keputusan ini diambil oleh Presiden setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, dan Kepala BNPB Doni Monardo di ruang tunggu Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (30/1).


"Tadi Bapak Presiden sudah memerintahkan agar evakuasi WNI Provinsi Hubei dilakukan segera," ucap Retno yang dikutip dari keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Jokowi sebelumnya menyatakan pemerintah masih mencari solusi karantina bagi WNI yang akan dievakuasi dari China menyusul wabah virus corona.


Menurut Jokowi, pemerintah tak dapat langsung mengevakuasi lantaran banyak prosedur yang harus dilalui.

Rencananya, lanjut Jokowi, proses evakuasi akan dibantu oleh TNI. Dari TNI sendiri diklaim telah siap untuk menjalankan proses evakuasi tersebut.


"Ya memang paling siap dari TNI. Bagian kesehatan. Ada juga tim dari RSPAD, jauh lebih siap. Tinggal nanti utusan," ucap Jokowi.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, di Kompleks Parlemen, Jl. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (30/1), juga telah menegaskan TNI siap mengevakuasi WNI yang terisolasi akibat Virus Corona di China.

Hadi mengatakan bahwa TNI telah menyiagakan pesawat-pesawat milik TNI termasuk berbagai peralatan yang mendukung dalam rangka mengevakuasi Warga Negara Indonesia. Selain menyiagakan pesawat, TNI juga menyiapkan tenaga medis.

Lima hari yang lalu, Hadi juga telah memerintahkan Kapuskes TNI bersama Dinas Kesehatan Angkatan untuk menyiapkan peralatan-peralatan apa saja yang harus dibawa termasuk baju astronot, ruang isolasi dan alat untuk memonitor panas tubuh manusia.

No comments

Powered by Blogger.
------------------------------