Demo Massa Pro dan Kontra Anies di Balai Kota Memanas, Saling Tujuk


Berita Terkini - Sempat terjadi cek cok jelang aksi demonstrasi soal banjir di Balai Kota, Jakarta Pusat. Massa dari kelompok pendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlibat adu mulut dengan kelompok yang kontra dengan Anies.

Pantauan Suara.com di lokasi, massa pro yang berasal dari kelompok Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) tengah berada di halaman Balai Kota. Tiba-tiba massa Abu Janda Cs melintas Jalan Medan Merdeka Selatan.

Seketika massa Bang Japar meneriaki massa Abu Janda Cs meski terpisah oleh pagar Balai Kota. Begitu juga massa kontra mengeluarkan suara keras menolak Anies.

"Woi siapa lo? Kita kawal Anies!" ujar massa Bang Japar dari dalam halaman Balai Kota, Selasa (14/1/2020).

Kericuhan singkat sempat terjadi. Massa Bang Japar berlarian mendatangi lokasi tempat pertemuan dengan kelompok kontra.

Tak lama, pihak kepolisian dan Satpol PP melera kedua kelompok ini agar keributan tak terjadi lebih jauh. Massa kontra akhirnya terus berjalan dan Bang Japar menenangkan diri.

"Sudah, tenang kita kawal di dalam, semuanya tenang," kata salah satu anggota Bang Japar.

Untuk mengamankan situasi, massa Bang Japar dan Abu Janda Cs dibagi ke dua titik. Kelompok kontra Anies diminta ke patung kuda dan melakukan long march, sementara Bang Japar berada di dalam dan luar Balai Kota.

"Mereka hanya ingin menjaga di luar. Mereka bertahan tapi kami mengimbau ke dalam supaya enggak ribut karena kami meyakinkan dan bisa menjaga mereka di dalam," kata Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Heru Novianto.

Sebelumnya, banjir besar di sejumlah lokasi di Jakarta beberapa waktu lalu masih meninggalkan polemik meski air sudah surut. Beberapa kelompok massa berencana menggelar demonstrasi di balai kota hari ini, Selasa (13/1/2020).

Rencananya, aksi ini dibagi menjadi dua kelompok yang berbeda tuntutan. Kelompok pertama dimotori oleh Abu Janda, Nyai Dewi Tanjung, Effendi Achmad dan Sisca Rumondor yang meminta agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mundur karena kejadian banjir.

Sementara aksi kedua diadakan oleh organisasi yang kerap mendukung Anies, Jawara dan Pengacara Jaga Jakarta (Bang Japar). Waktu kedua kelompok ini menggelar aksi juga sama, yakni sekitar pukul 14.00 WIB hari ini.

No comments

Powered by Blogger.
------------------------------