Header Ads

Catat ! Ini Susunan Hakim Yang Akan Pimpin Sidang Kasus Ahok di PN Jakarta Utara 13 Desember


Berita Terkini - Pengadilan Negeri Jakarta Utara sudah menjadwalkan sidang kasus penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama, yakni pada Selasa, 13 Desember 2016.

Pejabat Hubungan Masyarakat Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Hasoloan Sianturi, mengatakan bahwa sidang akan dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Dwiarso Budi Santiarto.

Sedangkan untuk anggotanya adalah Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara yaitu Jupriyadi, Abdul Rosyad, Josep V. Rahanto, dan I Wayan Wirja.

Kepastian jadwal persidangan ini disampaikan langsung oleh Humas PN Jakarta Utara, Hasoloan Sianturi.

Sidang akan digelar sekitar pukul 09.00 WIB.

"Persidangan telah ditentukan oleh majelis pada hari Selasa, 13 Desember 2016, pukul 09.00 WIB," kata Hasoloan, Senin (5/12/2016).


Berkas perkara Ahok yang dilimpahkan kepada Kejaksaan Agung setebal 826 halaman.

Dalam berkas itu terdapat adanya keterangan 30 saksi dan 11 saksi ahli yang telah diperiksa oleh penyidik Bareskrim Polri.

Bareskrim Polri menetapkan Ahok sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama terhadap Surat Al Maidah ayat 51 pada saat kunjungan kerja ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, pada Rabu, 16 November 2016.

Ahok disangka melakukan penistaan agama sebagaimana diatur Pasal 156a KUHP juncto Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Ahok terancam hukuman maksimal 6 tahun penjara dan denda paling banyak Rp1.000.000.000.

Meski demikian, penyidik memutuskan tidak menahan Ahok. Mereka hanya melakukan pencegahan ke luar negeri.

Begitu juga ketika berkas sudah lengkap atau P21, Kejagung juga tidak menahan yang bersangkutan

Sumber: viva.co.id & tribunnews.com

No comments

Powered by Blogger.