Header Ads

Hillary Clinton menangkan nominasi calon presiden Partai Demokrat

Hillary Clinton akhirnya terpilih menjadi calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, setelah memperoleh total jumlah delegasi yang disyaratkan, menurut laporan kantor berita AP.

Berita International ~ Dari hasil penghitungan AP, Clinton memperoleh 2.383 delegasi – angka yang tak bisa lagi dikejar oleh pesaingnya, Bernie Sanders.

Dengan hasil ini, Clinton akan menjadi calon presiden perempuan pertama dalam sejarah Amerika.


Senator dari negara bagian Vermont, Bernie Sanders, yang menjadi saingan Clinton, mengungkapkan dirinya belum akan mundur hingga konvensi Partai Demokrat yang akan dilaksanakan Juli mendatang.

Clinton akhirnya berhasil meraih batas minimum yang dibutuhkan setelah memenangkan pemilihan pendahuluan Puerto Rico, ditambah dukungan ‘dadakan’ dari superdelegates atau delegasi super, yaitu pimpinan-pimpinan partai demokrat di berbagai wilayah, ungkap AP.
 Nonton Streaming
Ditemui di Long Beach, California, beberapa saat usai berita keterpilihannya ini, Clinton menyatakan: “kita nyaris mencetak sejarah dan hal yang belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi kita masih terus perlu bekerja keras.”

Delegasi super ‘mengikrarkan’ dukungannya terhadap salah seorang kandidat sebelum konvensi partai dilaksanakan, tetapi baru akan memberikan suara mereka saat konvensi berlangsung.

Selain itu, nama calon presiden resmi masing-masing partai baru akan diumumkan setelah konvensi masing-masing partai dilaksanakan.


Tim kampanye Sanders mengklaim bahwa senator dari Vermont itu akan bisa menarik suara sejumlah delegasi super yang telah berjanji memilih Clinton.

Juru bicara Sanders, Michael Briggs, bahkan menyebut, mengumumkan calon presiden Partai Demokrat sebelum delegasi super memberikan suaranya pada konvensi adalah “pengumuman yang terburu-buru.”

No comments

Powered by Blogger.